RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
MODEL 221-2 mata pelajaran-2
tingkatan kelas berbeda-1 ruangan
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran/Topik : 1.
Matematika / Bilangan
2. IPS / Lingkungan
Kelas/Semester : 2 dan 3/ I (satu)
I.
Standar Kompetensi
Matematika
Kelas 2
● Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
IPS Kelas 3
● Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah
dan sekolah
II.
Kompetensi Dasar
Matematika
Kelas 2
●
Membandingkan
bilangan sampai dengan 500.
IPS Kelas 3
● Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah
III.
Indikator
Matematika
Kelas 2
·
Menentukan
bilangan 1 sampai 500
·
Menentukan
bilangan lebih besar.
·
Menentukan
bilangan lebih kecil.
IPS Kelas 3
● Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Matematika
Kelas 2
·
Siswa
dapat menentukan bilangan 1 sampai 500
·
Siswa
dapat menentukan bilangan lebih besar.
·
Siswa
dapat menentukan bilangan lebih kecil.
IPS Kelas 3
● Siswa dapat Mengidentifikasikan
kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
V. Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
IV. Materi
Pokok
Matematika
Kelas 2
·
Bilangan 1 – 500
·
Mengurutkan
bilangan.
IPS
Kelas 3
· Kerja sama di
lingkungan rumah
IIV. METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IIIV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
a. Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang
efektif, dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyuruh siswa mempersiapkan alat
tulis.
b. mengumpulkan
tugas/PR
B. Kegiatan Inti
a. eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
Kelas
2
- Menjelaskan cara membandingkan bilangan
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang
membandingkan bilangan
Kelas
3
- Menjelaskan tentang lingkungan
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang Lingkungan
b.
elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
Kelas
2
-
Melalui pemberian tugas siswa dapat
menentukan antara bilangan lebih besar dan lebih kecil
Kelas 3
-
Melalui pemberian tugas siswa dapat
mengetahui tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan
c.
konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
- Guru melakukan tanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa baik kelas 2 maupun kelas 3
C. Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan akhir , guru
1. Membuat kesimpulan dari tiap materi yang di
sampaikan
2. Mengerjakan post tes
3. Pemberian PR
IX.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku Sumber
-
Buku pelajaran matematika SD kelas 2, penerbit Buku Relevan
2. Alat Peraga
-
Gambar lingkungan
X.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. Matematika :
·
Menentukan bilangan 1 samapai 500
·
Menentukan bilangan lebih besar.
·
Menentukan bilangan lebih kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
2. IPS :
● menjelaskan lingkungan alam
● menjelaskan lingkungan buatan
● memberikan contohnya lingkungan alam dan buatan
● menjelaskan penyebab banjir
|
Tes lisan Tes
tertulis
|
uraian
isian
|
1. Matematika :
·
Tentukan bilangan 1 samapai 500
·
Tentukan bilangan lebih besar.
·
Tentukan bilangan lebih kecil.
·
Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol
<, > , =.
2. IPS :
● menjelaskan lingkungan alam
● menjelaskan lingkungan buatan
● memberikan contohnya lingkungan alam dan buatan
● menjelaskan
penyebab banjir
|
Butir
Soal
Matematika
kelas 2
Bandingkan jumlah benda di bawah ini dengan tanda >, <
atau =.
1.
Teko hitam ........... teko kuning
2. Kunci
Jawaban 1. >
2. <
3. >
Banyak piring ......... banyak gelas. 4. <
5.
=
3.
Ayam jago Fikri ........ ayam betina
4.
Apel Agus ......... Apel Andri
5.
Pensil Dani............Pensil Jajang
IPS kelas 3
Isilah titik-titik
dibawah ini.
1. Apakah yang di maksud lingkungan alam?............
2. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam?..............
3. Apakah yang dimaksud lingkungan alam buatan?................
4. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam buatan?..............
5. Apakah penyebab Banjir?..............
Kunci Jawaban
1. lingkungan yang terjadi dengan sendirinya
2. gunung , sungai, pantai
3. lingkungan yang dibuat manusia
4. gedung. Jembatan, jalan
5. karena Buang sampah sembarangan/tidak adanya pohon yang
menyerap air
Kriteria Penilaian
Skor Ideal = jumlah jawaban
yang benar x 20 = Nilai Akhir
1
|
Garut,
4 November 2012
Mengetahui,
Tutor Mahasiswa
HERIYANA
GUNAWAN
NIM. 821106214
makasih ilmunya,ya, mas
BalasHapusSangat membantu sekali, Tolong lampirkjan juga cara penilaiannya terhadap siswa / aspek penilaiannya mass . . . . . . . .
BalasHapusSangat membantu TERIMA KASIH
BalasHapus