RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Kelas
/ Semester : V (Lima)/I (satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya
C. Indikator
- Mendemonstrasikan
sifat cahaya dapat di biaskan dan di uraikan
- Memberi
contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari –hari
D. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat mendeskripsikan sifat cahaya dengan benar
-
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan cahaya dengan tepat
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
“Sifat-sifat
cahaya”
Cahaya
dapat merambat lurus, menembus benda bening, di pantulkan, di biasan dan di
uraikan.
Sumber
cahaya : matahari. lilin, api, bintang.
Jenis-jenis cermin: cermin datar, cembung dan cekung yaitu tegak di
perbesar
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis
aneka sumber
Pendekatan :
Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode Ceramah, Metode Curah
Pendapat
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(±5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan
siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a.
sebutkan 3 sumber cahaya?
b.
sebutkan sifat-sifat cahaya?
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (±20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
tentang sifat-sifat cahaya
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang sifat-sifat cahaya
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (10± Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat
rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan pesan agar siswa rajin belajar menghapal di rumah
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media
: Gambar sifat cahaya pada kertas
karton
Sumber : Buku Ilmu Pengetahua Alam kelas V, halaman 55-58 kaangan
Dra. Erni Raharjo, dkk Penerbit PT. Sarana
Panca Karya Nusa. Bandung
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. sebutkan sifat-sifat cahaya ?
2. cahaya dapat menembus benda ?
3. sebutkan 3 sumber cahaya ?
4. tuliskan 4 cermin yang kamu ketahui ?
5. apa bangunan yang di bentuk cermin
datar ?
4. Kunci
jawaban
1. menembus lurus, menembus benda
bening, dipantulkan
2. Bening
3. Matahari
4. cermin datar, cembung,cekung
5. tegak diperbesar
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2011
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervisor II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : Cahaya dan Sifat-sifat
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Sumber
Cahaya
|
Sifat
Cahaya
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : Cahaya dan Sifat-sifat
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang di nilai
|
Nilai
Akhir
A+B+C
3
|
||
Kerjasama
A(10-100)
|
Kedisiplinan
B(10-100)
|
Keseriusan
C(10-100)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Garut, 2011
Mahasiswa
Heriyana Gunawan
NIM. 821106214
Tidak ada komentar:
Posting Komentar