RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Kelas
/ Semester : V (Lima)/I (satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya
C. Indikator
- Mendemonstrasikan
sifat cahaya dapat di biaskan dan di uraikan
- Memberi
contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari –hari
D. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat mendeskripsikan sifat cahaya dengan benar
-
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan cahaya dengan tepat
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
“Sifat-sifat
cahaya”
Cahaya
dapat merambat lurus, menembus benda bening, di pantulkan, di biasan dan di
uraikan.
Sumber
cahaya : matahari. lilin, api, bintang.
Jenis-jenis cermin: cermin datar, cembung dan cekung yaitu tegak di
perbesar
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis
aneka sumber
Pendekatan :
Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode Ceramah, Metode Curah
Pendapat
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(±5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan
siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a.
sebutkan 3 sumber cahaya?
b.
sebutkan sifat-sifat cahaya?
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (±20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
tentang sifat-sifat cahaya
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang sifat-sifat cahaya
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (10± Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat
rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan pesan agar siswa rajin belajar menghapal di rumah
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media
: Gambar sifat cahaya pada kertas
karton
Sumber : Buku Ilmu Pengetahua Alam kelas V, halaman 55-58 kaangan
Dra. Erni Raharjo, dkk Penerbit PT. Sarana
Panca Karya Nusa. Bandung
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. sebutkan sifat-sifat cahaya ?
2. cahaya dapat menembus benda ?
3. sebutkan 3 sumber cahaya ?
4. tuliskan 4 cermin yang kamu ketahui ?
5. apa bangunan yang di bentuk cermin
datar ?
4. Kunci
jawaban
1. menembus lurus, menembus benda
bening, dipantulkan
2. Bening
3. Matahari
4. cermin datar, cembung,cekung
5. tegak diperbesar
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2011
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervisor II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : Cahaya dan Sifat-sifat
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Sumber
Cahaya
|
Sifat
Cahaya
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : Cahaya dan Sifat-sifat
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang di nilai
|
Nilai
Akhir
A+B+C
3
|
||
Kerjasama
A(10-100)
|
Kedisiplinan
B(10-100)
|
Keseriusan
C(10-100)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Garut, 2011
Mahasiswa
Heriyana Gunawan
NIM. 821106214
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas
/ Semester : V (Lima)/I (Satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
● Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dalam mempertahankan RI
B. Kompetensi Dasar
● Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memperthankan atau memproklamasikan kemerdekaan
C. Indikator
- Mengidetifikasi
tokoh-tokoh perjuangan yang terlibat dalam proses kemerdekaan
- Menceritakan
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan RI
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui
tanyajawab siswa dapat mengidentifikasi tokoh pejuang kemerdekaan dengan benar
- Melalui
diskusi siswa dapat menyebuykan
tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan dengan tepat
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
“Peranan
Pejuang Kemerdekaan Indonesia”
Tokoh
pejuang kemerdekaan pada masa penjajahan Belanda diantaranya Patimura, Cut
nyakdien, Pangeran Antasari, Organisasi zaman Jepang yaitu Peta, Putera, Jawa
Hokokai dan Heiho.
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan : Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode Ceramah, pengamatan,
tanyajawab, dan penugasan
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(± 5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan
siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a.
sebutkan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia ?
b.
berapa tahun Indonesia di jajah oleh Belanda?
o
Menyampaikan tujuan pelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (± 20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
tentang peranan pejuang kemerdekaan Indinesia
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang peranan pejuang kemerdekaan Indonesia
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (± 10Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus
membuat rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media : Gambar pejuang kemerdekaan pada buku/ kertas karton
Sumber : Buku Ilmu Pengetahua Sosial kelas V, halaman 103-106 karangan Dr
Syamsul rizal,dkk Penerbit PT. Widya Utama. Jakarta
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. sebutkan 3 tokoh pejuang pada masa
penjajah Belanda ?
2. Perlawanan Paimura ke belanda terjadi
di ?
3. sebutkan 3 organisasi yang dibentuk
Jepang ?
4. siapa yang mengetik naskah teks
proklamasi kemerdekaan Indonesia ?
5. rumusan naskah proklamasi di kediaman?
4. Kunci
jawaban
1. Patimura, Pangeran Antasari, Tuanku
Imam Bonjol
2. Maluku
3. Sayuti Malik
4. Peta, Putera, Jawa Hokokai
5. Laksamana Muda Maeda
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2011
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si
Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervosor II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : mengenal jenis-jenis
dan kegiatan ekonomi
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Nama
profesi
|
Jenis-jenis usaha
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: V/I
Pokok
Bahasan : mengenal jenis-jenis
dan kegiatan ekonomi
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang di nilai
|
Nilai
Akhir
A+B+C
3
|
||
Kerjasama
A(10-100)
|
Kedisiplinan
B(10-100)
|
Keseriusan
C(10-100)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Garut, 2011
Mahasiswa
Heriyana Gunawan
NIM. 821106214
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas
/ Semester : V (Lima)/I (Satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Indonesia
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
negara kesatuan Republik Indonesia dan menjelaskan keutuhan negara
C. Indikator
- Mendeskripsikan
negara kesatuan republik indonesia
- Menjelaskan
berdirinya negara dan menyebutkan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui
tanyajawab siswa dapat menyebutkan keutuhan negara indonesia dengan benar
- Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan keutuhan negara dengan tepat
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
“Menjaga
Keutuhan NKRI”
Negara
Indonesia diapit oleh dua Benua yaitu Australia dan Benua Asia serta dua
samudra yaitu pasifik dan hindia bagian barat kota sabang dan bagian timur
merouke. Kemerdekaan indonesia di raih berkat adanya persatuan dan kesatuan
bangsa, lahirlah sumpah pemuda inti Ikrarnya adalah suatu bangsaIndonesia, satu
bahasa Indonesia dan satu tanah air Indonesia. Keutuhan negara adalah tanggung
jawab kita semua warga negara Indonesia
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan : Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode
Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(± 5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan
siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a.
Bagaimana menjaga keutuhan NKRI ?
b.
Siapa yang harus menjaga Keutuhan NKRI ?
o
Menyampaikan tujuan pelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (± 20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
tentang keutuhan Negara Republik Indonesia
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang keutuhan NKRI
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (± 10Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus
membuat rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media :
Gambar tokoh dan peta Indonesia pada buku/ kertas karton
Sumber : Buku PendidikanKewarganegaraan kelas V,
tahun 2009 halaman 11-17 karangan Dr Setiati Whidihastuti dkk. Penerbit Indah Mulya
Grafika. Bandung
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. sebutkan 2 benua yang menghampit
negara indonesia ?
2. Kota mana yang terletak di ujung
barat dan timur RI ?
3. Kemerdekaan indonesia diraih berkat
adanya ?
4. Keutuhan NKRI merupakan tanggung
jawab ?
5. bagaimana inti ikrar sumah pemuda?
4. Kunci
jawaban
1. Asia dan Australia
2. Sabang dan Merauke
3. Persatuan dan Kesatuan bangsa
4. kita semua warga indonesia
5. satu bangsa, satu bahasa, satu tanah
air indonesia
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2011
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si
Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervisor
II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas/Semester
: IV/I
Pokok
Bahasan : Desa
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Perangkat
desa
|
Tugasnya
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester
: IV/I
Pokok
Bahasan : Desa
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang di nilai
|
Nilai
Akhir
A+B+C
3
|
||
Kerjasama
A(10-100)
|
Kedisiplinan
B(10-100)
|
Keseriusan
C(10-100)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Garut, 2011
Mahasiswa
Heriyana Gunawan
NIM. 821106214
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V (Lima)/ I (satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
1. Membaca
Memahami teks agak
panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
B. Kompetensi Dasar
1.1. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi
melalui membaca memindai.
C. Indikator
- Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
- Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
D. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
- Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
Kamus / Ensiklopedi Anak Nasional.
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan : Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode
Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(± 5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Siswa membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
o
Tanya jawab seputar teks yang dibaca.
o Menyampaikan tujuan pelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (± 20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru unsur-unsur
cerita
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang teks yang dibaca
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (± 10Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus
membuat rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media :
Gambar unsur cerita pada kertas karton
Sumber : Buku Bahasa indonesia kelas IV, tahun 2009
halaman 48-51 karangan Drs. Marhoto dkk.
Penerbit PT. Aksara Pratama. Jakarta
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. Jelaskan
cara menggunakan kamus!
Buatlah daftar kata sukar dan menemukan
artinya dalam kamus
4. Kunci
jawaban
1. -
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2011
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si
Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervisor
II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IV/I
Pokok
Bahasan : Unsur-unsur cerita
pendek tentang suatu peristiwa
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Kata sukar
|
Seharusnyua
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IV/I
Pokok
Bahasan : Unsur-unsur cerita pendek tentang suatu
peristiwa
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang di nilai
|
Nilai
Akhir
A+B+C
3
|
||
Kerjasama
A(10-100)
|
Kedisiplinan
B(10-100)
|
Keseriusan
C(10-100)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Garut, 2011
Mahasiswa
Heriyana Gunawan
NIM. 821106214
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : V (Lima)/II (satu)
Alokasi
Waktu : 1 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
● Menggunakan pecahan dalam pemecahan
B. Kompetensi Dasar
● Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk
pecahan
C. Indikator
- Menentukan
hasil penjumlahan, pengurangan pecahan biasa
- Menentukan
hasil dengan pengurangan, penjumlahan pecahan campuran dengan benar
D. Tujuan Pembelajaran
- Menentukan
hasil penjumlahan, pengurangan pecahan biasa dengan benar
- Menentukan
hasil dengan pengurangan, penjumlahan pecahan campuran dengan tepat
E. Karakter siswa yang di harapkan
- Religius
- Disiplin
- Ketekunan
- Tanggungjawab
- Kerjasama
F. Materi Pembelajaran
“Penjumlahan
dan Pengurangan Pecahan”
Secara
umum penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat dilakukan dengan cara : pada
penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama, kita tinggal menjumlahkan
atau mengurangi pembilangnya saja.
G. Strategi pembelajaran
Model
pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan : Student and Teacher centered approach
Metode : Metode Diskusi,Metode
Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan
H. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal:(± 5 Menit)
o
Mengkondisikan siswa ke situasi belajar
yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan
alat-alat tulis
o
Menyampaikan tujuan pelajaran
2.
Kegiatan
Inti: (± 20Menit)
a.
Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
- Melakukan tanya jawab tentang penjumlahan
dan pengurangan pecahan
b.
Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok
untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.
Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada
guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara
perorangan
- Guru memeriksa hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya
kepada siswa
3.
Kegiatan
Akhir: (± 10Menit)
o
Guru dan siswa menyimpukan sekaligus
membuat rangkuman materi pembelajaran
o
Guru menindaklajuti pelajaran dengan
cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan “Salam”
I. Media dan Sumber
Media :
Gambar pecahan pada kertas karton
Sumber : Buku Matematika kelas V, tahun 2009
halaman 110-120 karangan Ir.Bambang irianto, dkk. Penerbit CV. Turisna. Bandung
Buku Matematika kelas V, halaman 51-52 karangan Drs. Indra Prayana,dkk.
Penerbit PT. Arcaraya Media Utama. Bandung
J. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Isian
3. Instrumen
: Butir Soal
Butir
Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan benar!
1. ibu membawa kantong Plastik
masing-masing berisi 2 ¼ kg dan ½ kg. Jika kantong plastik itu disatukan.
berapa jumlah berat beras tersebut ?
2. 4 1/8 + ¼ =
3. 5 5/6 + 2/9 =
4. 4 2/3 + 2/9 =
5. 2 7/8-5/6 =
4. Kunci
jawaban
1. 2
¼ + ½ = 2 +( ¼ + ½ )
= 2 + ¾
= 2 ¾
2. 4
1/8+ ¼ = 4 + ( 1/8 = ¼ )
= 4 + 3/8
= 4 ¾
3. 5
5/6 + 2/4 = 5 + (5/6+ ¼ )
= 5 + 19/12
= 5 19/12
4. 4
2/3-2/9 = 14/3-2/9 = 84/18-4/18
= 80/18
= 5 8/18
5. 2
7/8-5/6 = 23/8-5/6 = 69/24-20/24
= 49/24
= 2 1/24
5. Kriteria
Penilaian
= Nilai Akhir
Garut,
.........................../ 2012
Mengetahui,
Supervisor I Mahasiswa
Tatan
Suhyana, S.Pd. M.Si
Heriyana Gunawan
NIP.19690504
199103 1 008 NIM.821106214
Supervisor
II
Oman Somantri. S.Pd. M.Si
NIP.19580815 197803 2 013
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: V/II
Pokok
Bahasan : Penjumlahan dan
Pengurangan pecahan
Petunjuk
Kerjakan
dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !
No
|
Pecahan
Biasa
|
Pecahan
Campuran
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Nama
Kelompok
Anggota
: 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR
PENGAMATAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar