Kamis, 18 April 2013

RPP BERKARAKTER UNIVERSITAS TERBUKA TUGAS PKM SEMESTER 4


                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas / Semester          : V (Lima)/I (satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.    Indikator
-   Mendemonstrasikan sifat cahaya dapat di biaskan dan di uraikan
-   Memberi contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari –hari

D.    Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan sifat cahaya dengan benar
- Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan cahaya dengan tepat
E.     Karakter siswa yang di harapkan
-   Religius
-   Disiplin
-   Ketekunan
-   Tanggungjawab
-   Kerjasama




F.     Materi Pembelajaran
“Sifat-sifat cahaya”
Cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, di pantulkan, di biasan dan di uraikan.
Sumber cahaya : matahari. lilin, api, bintang.  Jenis-jenis cermin: cermin datar, cembung dan cekung yaitu tegak di perbesar

G.    Strategi pembelajaran
Model pembelajaran  : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan                 : Student and Teacher centered approach
Metode                        : Metode Diskusi,Metode Ceramah, Metode Curah Pendapat

H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal:(±5 Menit)
o   Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
o   Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a. sebutkan 3 sumber cahaya?
b. sebutkan sifat-sifat cahaya?
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti: (±20Menit)
a.      Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang sifat-sifat cahaya
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sifat-sifat cahaya
b.      Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa

c.       Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara perorangan
- Guru memeriksa  hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya kepada siswa
3.      Kegiatan Akhir: (10± Menit)
o   Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat rangkuman materi pembelajaran
o   Guru menindaklajuti pelajaran dengan cara memberikan pesan agar siswa rajin belajar menghapal di rumah
o   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan “Salam”

I.       Media dan Sumber

Media    : Gambar sifat cahaya pada kertas karton
Sumber   : Buku Ilmu Pengetahua  Alam kelas V, halaman 55-58 kaangan
     Dra. Erni Raharjo, dkk Penerbit PT. Sarana Panca Karya Nusa. Bandung

J.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian : tertulis
2.      Bentuk Instrumen : Isian
3.      Instrumen : Butir Soal


Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. sebutkan sifat-sifat cahaya ?
2. cahaya dapat menembus benda ?
3. sebutkan 3 sumber cahaya ?
4. tuliskan 4 cermin yang kamu ketahui ?
5. apa bangunan yang di bentuk cermin datar ?

4.      Kunci jawaban
1. menembus lurus, menembus benda bening, dipantulkan
2. Bening
3. Matahari
4. cermin datar, cembung,cekung
5. tegak diperbesar

5.      Kriteria Penilaian

= Nilai Akhir

                                                                                                Garut, .........................../ 2011
 Mengetahui,
Supervisor  I                                                                                 Mahasiswa


     Tatan Suhyana, S.Pd. M.Si                                                         Heriyana Gunawan
      NIP.19690504 199103 1 008                                                          NIM.821106214


                                                                        Supervisor II


             Oman Somantri. S.Pd. M.Si                
  NIP.19580815 197803 2 013






LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : V/I
Pokok Bahasan           : Cahaya dan Sifat-sifat


Petunjuk
Kerjakan dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !

No
Sumber Cahaya
Sifat Cahaya
Ket
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Nama Kelompok
Anggota : 1.
     2.
     3.
     4.
                                                                                                                             5.





LEMBAR PENGAMATAN

 Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : V/I
Pokok Bahasan           : Cahaya dan Sifat-sifat


No
Nama Kelompok
Aspek yang di nilai
Nilai Akhir
A+B+C
3
Kerjasama
A(10-100)
Kedisiplinan
B(10-100)
Keseriusan
C(10-100)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10








      Garut,                     2011
     Mahasiswa



Heriyana Gunawan
   NIM. 821106214



                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas / Semester          : V (Lima)/I (Satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
  Menghargai peranan tokoh pejuang dan  masyarakat dalam mempersiapkan dalam  mempertahankan RI
B.     Kompetensi Dasar
  Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memperthankan atau memproklamasikan kemerdekaan
C.    Indikator
-   Mengidetifikasi tokoh-tokoh perjuangan yang terlibat dalam proses kemerdekaan
-   Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan RI

D.    Tujuan Pembelajaran
-   Melalui tanyajawab siswa dapat mengidentifikasi tokoh pejuang kemerdekaan dengan benar
-   Melalui diskusi  siswa dapat menyebuykan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan dengan tepat

E.     Karakter siswa yang di harapkan
-   Religius
-   Disiplin
-   Ketekunan
-   Tanggungjawab
-   Kerjasama

F.     Materi Pembelajaran
“Peranan Pejuang Kemerdekaan Indonesia”
Tokoh pejuang kemerdekaan pada masa penjajahan Belanda diantaranya Patimura, Cut nyakdien, Pangeran Antasari, Organisasi zaman Jepang yaitu Peta, Putera, Jawa Hokokai dan Heiho.

G.    Strategi pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan                : Student and Teacher centered approach
Metode                      : Metode Diskusi,Metode Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan

H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal:(± 5 Menit)
o   Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
o   Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a. sebutkan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia ?
b. berapa tahun Indonesia di jajah oleh Belanda?
o   Menyampaikan tujuan pelajaran
2.      Kegiatan Inti: (± 20Menit)
a.      Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang peranan pejuang kemerdekaan Indinesia
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang peranan pejuang kemerdekaan Indonesia


b.      Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.       Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara perorangan
- Guru memeriksa  hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya kepada siswa
3.      Kegiatan Akhir: (± 10Menit)
o   Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat rangkuman materi pembelajaran
o   Guru menindaklajuti pelajaran dengan cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan “Salam”

I.       Media dan Sumber

Media    : Gambar pejuang kemerdekaan  pada buku/ kertas karton
Sumber   : Buku Ilmu Pengetahua  Sosial kelas V, halaman 103-106 karangan Dr Syamsul rizal,dkk Penerbit PT. Widya Utama. Jakarta

J.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian : tertulis
2.      Bentuk Instrumen : Isian
3.      Instrumen : Butir Soal
Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. sebutkan 3 tokoh pejuang pada masa penjajah Belanda ?
2. Perlawanan Paimura ke belanda terjadi di ?
3. sebutkan 3 organisasi yang dibentuk Jepang ?
4. siapa yang mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ?
5. rumusan naskah proklamasi di kediaman?

4.      Kunci jawaban
1. Patimura, Pangeran Antasari, Tuanku Imam Bonjol
2. Maluku
3. Sayuti Malik
4. Peta, Putera, Jawa Hokokai
5. Laksamana Muda Maeda

5.      Kriteria Penilaian

= Nilai Akhir
                                                                                                Garut, .........................../ 2011
 Mengetahui,
Supervisor  I                                                                                 Mahasiswa


     Tatan Suhyana, S.Pd. M.Si                                                         Heriyana Gunawan
      NIP.19690504 199103 1 008                                                          NIM.821106214

                                                                        Supervosor II


             Oman Somantri. S.Pd. M.Si                
  NIP.19580815 197803 2 013






LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V/I
Pokok Bahasan           : mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi


Petunjuk
Kerjakan dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !

No
Nama profesi
 Jenis-jenis usaha
Ket
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Nama Kelompok
Anggota : 1.
     2.
     3.
     4.
                                                                                                                             5.





LEMBAR PENGAMATAN

 Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V/I
Pokok Bahasan           : mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi


No
Nama Kelompok
Aspek yang di nilai
Nilai Akhir
A+B+C
3
Kerjasama
A(10-100)
Kedisiplinan
B(10-100)
Keseriusan
C(10-100)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10








      Garut,                 2011
     Mahasiswa



Heriyana Gunawan
   NIM. 821106214


                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : PKn
Kelas / Semester          : V (Lima)/I (Satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Indonesia
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan negara kesatuan Republik Indonesia dan menjelaskan keutuhan negara
C.    Indikator
-   Mendeskripsikan negara kesatuan republik indonesia
-   Menjelaskan berdirinya negara dan menyebutkan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia

D.    Tujuan Pembelajaran
-   Melalui tanyajawab siswa dapat menyebutkan keutuhan negara indonesia dengan benar
-   Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan keutuhan negara dengan tepat

E.     Karakter siswa yang di harapkan
-   Religius
-   Disiplin
-   Ketekunan
-   Tanggungjawab
-   Kerjasama



F.     Materi Pembelajaran
“Menjaga Keutuhan NKRI”
Negara Indonesia diapit oleh dua Benua yaitu Australia dan Benua Asia serta dua samudra yaitu pasifik dan hindia bagian barat kota sabang dan bagian timur merouke. Kemerdekaan indonesia di raih berkat adanya persatuan dan kesatuan bangsa, lahirlah sumpah pemuda inti Ikrarnya adalah suatu bangsaIndonesia, satu bahasa Indonesia dan satu tanah air Indonesia. Keutuhan negara adalah tanggung jawab kita semua warga negara Indonesia

G.    Strategi pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan                : Student and Teacher centered approach
Metode                      : Metode Diskusi,Metode Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan

H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal:(± 5 Menit)
o   Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
o   Melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa terhadap materi peajaran. Pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut :
a. Bagaimana menjaga keutuhan NKRI ?
b. Siapa yang harus menjaga Keutuhan NKRI ?
o   Menyampaikan tujuan pelajaran
2.      Kegiatan Inti: (± 20Menit)
a.      Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang keutuhan Negara Republik Indonesia
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang keutuhan NKRI
b.      Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.       Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara perorangan
- Guru memeriksa  hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya kepada siswa
3.      Kegiatan Akhir: (± 10Menit)
o   Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat rangkuman materi pembelajaran
o   Guru menindaklajuti pelajaran dengan cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan “Salam”

I.       Media dan Sumber

Media      : Gambar tokoh dan peta Indonesia pada buku/ kertas karton
Sumber   : Buku PendidikanKewarganegaraan kelas V, tahun 2009 halaman 11-17 karangan Dr  Setiati Whidihastuti dkk. Penerbit Indah Mulya Grafika. Bandung
J.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian          : tertulis
2.      Bentuk Instrumen       : Isian
3.      Instrumen                    : Butir Soal
Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. sebutkan 2 benua yang menghampit negara indonesia ?
2. Kota mana yang terletak di ujung barat dan timur RI ?
3. Kemerdekaan indonesia diraih berkat adanya  ?
4. Keutuhan NKRI merupakan tanggung jawab ?
5. bagaimana inti ikrar sumah pemuda?

4.      Kunci jawaban
1. Asia dan Australia
2. Sabang dan Merauke
3. Persatuan dan Kesatuan bangsa
4. kita semua warga indonesia
5. satu bangsa, satu bahasa, satu tanah air indonesia

5.      Kriteria Penilaian

= Nilai Akhir
                                                                                                Garut, .........................../ 2011
 Mengetahui,
Supervisor  I                                                                                 Mahasiswa



     Tatan Suhyana, S.Pd. M.Si                                                         Heriyana Gunawan
      NIP.19690504 199103 1 008                                                          NIM.821106214
                                                                        Supervisor II



             Oman Somantri. S.Pd. M.Si                
  NIP.19580815 197803 2 013






LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : PKn
Kelas/Semester            : IV/I
Pokok Bahasan           : Desa


Petunjuk
Kerjakan dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !

No
Perangkat desa
Tugasnya
Ket
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Nama Kelompok
Anggota : 1.
     2.
     3.
     4.
                                                                                                                             5.





LEMBAR PENGAMATAN

 Mata Pelajaran           : PKn
Kelas/Semester            : IV/I
Pokok Bahasan           :  Desa


No
Nama Kelompok
Aspek yang di nilai
Nilai Akhir
A+B+C
3
Kerjasama
A(10-100)
Kedisiplinan
B(10-100)
Keseriusan
C(10-100)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10








      Garut,                 2011
     Mahasiswa



Heriyana Gunawan
   NIM. 821106214

                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : V (Lima)/ I (satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
       1.  Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

B.     Kompetensi Dasar
 1.1. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi melalui membaca memindai.

C.    Indikator
-     Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
-     Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan

D.    Tujuan Pembelajaran
-       Siswa dapat Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
-       Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan

E.     Karakter siswa yang di harapkan
-   Religius
-   Disiplin
-   Ketekunan
-   Tanggungjawab
-   Kerjasama




F.     Materi Pembelajaran
Kamus / Ensiklopedi Anak Nasional.

G.    Strategi pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan                : Student and Teacher centered approach
Metode                      : Metode Diskusi,Metode Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan

H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal:(± 5 Menit)
o   Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
o   Siswa membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
o   Tanya jawab seputar teks yang dibaca.
o   Menyampaikan tujuan pelajaran
2.      Kegiatan Inti: (± 20Menit)
a.      Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru unsur-unsur cerita
- Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang teks yang dibaca
b.      Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.       Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara perorangan
- Guru memeriksa  hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya kepada siswa
3.      Kegiatan Akhir: (± 10Menit)
o   Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat rangkuman materi pembelajaran
o   Guru menindaklajuti pelajaran dengan cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan   “Salam”

I.       Media dan Sumber

Media      : Gambar unsur cerita pada kertas karton
Sumber   : Buku Bahasa indonesia kelas IV, tahun 2009 halaman 48-51 karangan Drs. Marhoto  dkk. Penerbit PT. Aksara Pratama. Jakarta
J.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian          : tertulis
2.      Bentuk Instrumen       : Isian
3.      Instrumen                    : Butir Soal
Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan cara menggunakan kamus!
Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus


4.      Kunci jawaban
1.  -

5.      Kriteria Penilaian

= Nilai Akhir

                                                                                                Garut, .........................../ 2011
 Mengetahui,
Supervisor  I                                                                                 Mahasiswa



     Tatan Suhyana, S.Pd. M.Si                                                         Heriyana Gunawan
      NIP.19690504 199103 1 008                                                          NIM.821106214
                                                                        Supervisor II



             Oman Somantri. S.Pd. M.Si                
  NIP.19580815 197803 2 013


















LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IV/I
Pokok Bahasan           : Unsur-unsur cerita pendek tentang suatu peristiwa


Petunjuk
Kerjakan dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !

No
 Kata sukar
Seharusnyua 
Ket
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Nama Kelompok
Anggota : 1.
     2.
     3.
     4.
                                                                                                                             5.





LEMBAR PENGAMATAN

 Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IV/I
Pokok Bahasan           :   Unsur-unsur cerita pendek tentang suatu peristiwa


No
Nama Kelompok
Aspek yang di nilai
Nilai Akhir
A+B+C
3
Kerjasama
A(10-100)
Kedisiplinan
B(10-100)
Keseriusan
C(10-100)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10








      Garut,                 2011
     Mahasiswa



Heriyana Gunawan
   NIM. 821106214



                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : V (Lima)/II (satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
  Menggunakan pecahan dalam pemecahan
B.     Kompetensi Dasar
  Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
C.    Indikator
-   Menentukan hasil penjumlahan, pengurangan pecahan biasa
-   Menentukan hasil dengan pengurangan, penjumlahan pecahan campuran dengan benar

D.    Tujuan Pembelajaran
-   Menentukan hasil penjumlahan, pengurangan pecahan biasa dengan benar
-   Menentukan hasil dengan pengurangan, penjumlahan pecahan campuran dengan tepat

E.     Karakter siswa yang di harapkan
-   Religius
-   Disiplin
-   Ketekunan
-   Tanggungjawab
-   Kerjasama




F.     Materi Pembelajaran
“Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan”
Secara umum penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat dilakukan dengan cara : pada penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama, kita tinggal menjumlahkan atau mengurangi pembilangnya saja.

G.    Strategi pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran berbasis aneka sumber
Pendekatan                : Student and Teacher centered approach
Metode                      : Metode Diskusi,Metode Ceramah, pengamatan, tanyajawab, dan penugasan

H.    Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal:(± 5 Menit)
o   Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
o   Menyampaikan tujuan pelajaran
2.      Kegiatan Inti: (± 20Menit)
a.      Eksplorasi:
- Siswa menyimak penjelasan dari guru
- Melakukan tanya jawab tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan
b.      Elaborasi:
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
c.       Konfirmasi:
- Siswa melaporkan hasil kerjanya kepada guru dan di bahas bersama-sama
- Guru memberikan evaluasi secara perorangan
- Guru memeriksa  hasil evaluasi siswa dan menginformasikannya kepada siswa
3.      Kegiatan Akhir: (± 10Menit)
o   Guru dan siswa menyimpukan sekaligus membuat rangkuman materi pembelajaran
o   Guru menindaklajuti pelajaran dengan cara memberikan tugas di rumah agar siswa rajin belajar dengan baik
o   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan   “Salam”

I.       Media dan Sumber

Media      : Gambar pecahan pada kertas karton
Sumber   : Buku Matematika kelas V, tahun 2009 halaman 110-120 karangan Ir.Bambang irianto, dkk. Penerbit CV. Turisna. Bandung
                        Buku Matematika kelas V,  halaman 51-52 karangan Drs. Indra Prayana,dkk. Penerbit PT. Arcaraya Media Utama. Bandung
J.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian          : tertulis
2.      Bentuk Instrumen       : Isian
3.      Instrumen                    : Butir Soal
Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. ibu membawa kantong Plastik masing-masing berisi 2 ¼ kg dan ½ kg. Jika kantong plastik itu disatukan. berapa jumlah berat beras tersebut ?
2. 4 1/8 + ¼  =
3. 5 5/6 + 2/9 =
4. 4 2/3 + 2/9 =
5. 2 7/8-5/6 =
4.      Kunci jawaban
1.         2 ¼ + ½ = 2 +( ¼ + ½ )
                          = 2 + ¾
                          = 2 ¾  
2.         4 1/8+ ¼ = 4 + ( 1/8 = ¼ )
                            = 4 + 3/8
                            = 4 ¾
3.         5 5/6 + 2/4 = 5 + (5/6+ ¼ )
                              = 5 + 19/12
                              = 5 19/12
4.         4 2/3-2/9 = 14/3-2/9 = 84/18-4/18
                            = 80/18
                            = 5 8/18
5.         2 7/8-5/6 = 23/8-5/6 = 69/24-20/24
                            = 49/24
                            = 2 1/24

5.      Kriteria Penilaian

= Nilai Akhir
                                                                                                Garut, .........................../ 2012
 Mengetahui,
Supervisor  I                                                                                 Mahasiswa



     Tatan Suhyana, S.Pd. M.Si                                                         Heriyana Gunawan
      NIP.19690504 199103 1 008                                                          NIM.821106214
                                                                        Supervisor II



             Oman Somantri. S.Pd. M.Si                
  NIP.19580815 197803 2 013

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V/II
Pokok Bahasan           : Penjumlahan dan Pengurangan pecahan


Petunjuk
Kerjakan dengan teman sekelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini dengan benar !

No
Pecahan Biasa
Pecahan Campuran
Ket
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Nama Kelompok
Anggota : 1.
     2.
     3.
     4.
                                                                                                                             5.





LEMBAR PENGAMATAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar