Kamis, 18 April 2013

CONTOH RPP KELAS RANGKAP UNIVERSITAS TERBUKA


RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
MODEL 221-2 mata pelajaran-2 tingkatan kelas berbeda-1 ruangan
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran/Topik :           1. Matematika / Bilangan
                                                2. IPS / Lingkungan
Kelas/Semester            : 2 dan 3/ I (satu)
I. Standar Kompetensi
Matematika Kelas 2
 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

IPS Kelas 3
 Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

II. Kompetensi Dasar
Matematika Kelas 2
 Membandingkan bilangan sampai dengan 500.

IPS Kelas 3

 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
III. Indikator
Matematika Kelas 2
·         Menentukan bilangan 1 sampai 500
·         Menentukan bilangan lebih besar.
·         Menentukan bilangan lebih kecil.

IPS Kelas 3
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar




IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Matematika Kelas 2
·         Siswa dapat menentukan bilangan 1 sampai 500
·         Siswa dapat menentukan bilangan lebih besar.
·         Siswa dapat menentukan bilangan lebih kecil.

IPS Kelas 3
Siswa dapat Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
V. Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV.  Materi Pokok
Matematika Kelas 2
·         Bilangan 1 – 500
·         Mengurutkan bilangan.

 IPS Kelas 3
·   Kerja sama di lingkungan rumah

IIV. METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.




IIIV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
a.  Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif, dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyuruh siswa mempersiapkan alat tulis.
b. mengumpulkan tugas/PR
B. Kegiatan Inti
            a. eksplorasi
            Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
            Kelas 2
-  Menjelaskan cara membandingkan bilangan
            -  Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang membandingkan bilangan
            Kelas 3
-  Menjelaskan tentang lingkungan
-  Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang Lingkungan
b. elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru :
            Kelas 2
-          Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan antara bilangan lebih besar dan lebih kecil
Kelas 3
-          Melalui pemberian tugas siswa dapat mengetahui tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan
c. konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
- Guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa baik kelas 2 maupun kelas 3
C. Kegiatan Akhir
            Dalam kegiatan akhir , guru
1. Membuat kesimpulan dari tiap materi yang di sampaikan
2. Mengerjakan post tes
3. Pemberian PR

IX. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku Sumber
            - Buku pelajaran matematika SD kelas 2, penerbit Buku Relevan
2. Alat Peraga
            - Gambar lingkungan

X. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.    Matematika  :
·         Menentukan bilangan 1 samapai 500
·         Menentukan bilangan lebih besar.
·         Menentukan bilangan lebih kecil.
·         Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
2. IPS :
menjelaskan lingkungan alam
● menjelaskan lingkungan buatan
● memberikan contohnya lingkungan alam dan buatan
● menjelaskan penyebab banjir

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian

1.    Matematika  :
·         Tentukan bilangan 1 samapai 500
·         Tentukan bilangan lebih besar.
·         Tentukan bilangan lebih kecil.
·         Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
2. IPS :
menjelaskan lingkungan alam
● menjelaskan lingkungan buatan
● memberikan contohnya lingkungan alam dan buatan
     ● menjelaskan penyebab    banjir


Butir Soal
Matematika kelas 2
Bandingkan jumlah benda di bawah ini dengan tanda >, < atau =.


1.                                                                    



Teko hitam ........... teko kuning                                 

2.                                                                                 Kunci Jawaban                                                                                                                        1.   >   
2.   <
3.   >
Banyak piring ......... banyak gelas.                             4.   <
                                                                                    5.   =
3.


Ayam jago Fikri ........ ayam betina

4.


Apel Agus ......... Apel Andri

5.


Pensil Dani............Pensil Jajang

IPS kelas 3

Isilah titik-titik dibawah ini.
1. Apakah yang di maksud lingkungan alam?............
2. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam?..............
3. Apakah yang dimaksud lingkungan alam buatan?................
4. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam buatan?..............
5. Apakah penyebab Banjir?..............
 Kunci Jawaban
1. lingkungan yang terjadi dengan sendirinya
2. gunung , sungai, pantai
3. lingkungan yang dibuat manusia
4. gedung. Jembatan, jalan
5. karena Buang sampah sembarangan/tidak adanya pohon yang menyerap air


Kriteria Penilaian

Skor Ideal = jumlah jawaban yang benar x 20 = Nilai Akhir
                                                1




                                                                       
                                                                                    Garut, 4 November 2012
Mengetahui,

    Tutor                                                                                   Mahasiswa


                                                                                    HERIYANA GUNAWAN
                                                                                    NIM. 821106214









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar